Top Ads

Recent

Labels

Ads

Autosurf Websyndic

Cara Melakukan Edit Host pada windows tanpa aplikasi tambahan

Cara Melakukan Edit Hosts pada windows tanpa aplikasi tambahan

Bagi Anda yang ingin melakukan edit file HOSTS pada windows. mungkin ada beberapa artikel atau postingan yang anda ingin coba tetapi harus menambahkan script atau kode hosts untuk di tambahkan pada file hosts windows.

Aktivits ini biasanya untuk melakukan firewall atau manupulasi akses dari website tujuan ke local hosts komputer kita, sehingga alamat website yang sebelumnya di benamkan di dalam software tidak dapat menuju server sebenarnya karena di manipulasi.

Sebenarnya fungsi Hosts tidak itu, itu hanya gambaran fungsi, dan hosts file ini sangat berguna untuk kita yang mungkin ingin melakukan pembatasan situs atau website ataupun mengakses website atau situs yang diblok/terbatas.

Sebagai contoh saya terpaksa harus mengedit hosts untuk masuk ke website yang diblokir dengan menambahkan script pada file hosts laptop saya.

O, iya File Hosts itu berada di windows pada directory : C:\Windows\System32\drivers\etc

kembali ke topik, bahwa di sini saya akan menjelaskan bagaimana Cara melakukan edit HOSTS file pada Windows agar berjalan dengan baik dengan hanya menggunakan NOTEPAD bawaan windows (tanpa aplikasi tambahan). Langsung saja ke cara nya:



Langkah 1, temukan file host di windows explorer di C:\Windows\System32\drivers\etc Pilih file "hosts" yang tanpa extensi (kita anggap saja host ori)



Langkah 2, Buka file tersebut dengan notepad
klik kanan pada file hosts>open with>klik notepad

Langkah 3, Setelah file hosts ori terbuka di notepad, temukan script yang  akan ditambahkan kemudian ketik di bawah baris script file host ori, pada contoh ini saya tinggal copy-paste saja dari script yang sudah saya siapkan seperti gambar di bawah ini.





Setelah saya tambahkan hasilnya seperti gambar di bawah

Langkah 4, Save as file tersebut dan sementara simpan di folder yg mudah kamu temukan, pada contoh ini saya simpan di desktop (nama file tidak perlu dirubah, langsung save saja)

Langkah 5, kembali ke windows explorer C:\Windows\System32\drivers\etc kemudian hapus file host ori (yang kita buka tadi), kalau ada peringatan atau harus masuk ke administrator "continue dan ketik password administrator system anda sehingga bisa dihapus.

Langkah 6, Copy atau cut file hosts yang kita save as tadi kemudian paste ke lokasi .
C:\Windows\System32\drivers\etc untuk menggantikan file host ori.

Langkah 7,  hilangkan extension (.txt) dengan klik kanan pada file hosts dan pilih rename (ganti nama file) kemudian hapus".txt" kemudian save. 
Saya juga sediakan videonya disini atau lihat video di bawah ini:

 
Setelah itu restart komputer anda dan hosts tersebut sudah bisa digunakan..

SELAMAT MENCOBA

1 komentar: